Review D-Link DIR-842 Wireless AC1200: Performa Mumpuni untuk Konektivitas Rumahan

Tanggal : Senin, 01 Mei 2017 - 16:00 WIB
Penulis : Maulana
Editor : Desmal Andi

Page : Fitur


Review D-Link DIR-842 Wireless AC1200: Performa Mumpuni untuk Konektivitas Rumahan

Sebagai salah satu jajaran router high-end, D-Link DIR-842 Wireless AC1200 memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap. Tak cuma itu, control panelnya pun memiliki tampilan yang terbilang sangat user friendly sehingga bisa dipahami dengan mudah oleh orang awam sekalipun.

Pada saat pertama kali digunakan, pengguna hanya perlu mengoneksikan router dengan perangkat end device seperti laptop, PC, atau smartphone. Setelah itu, akan muncul setup wizard yang memandu pengguna untuk bisa terhubung dengan koneksi internet. Dengan adanya DNS router lokal beralamat httpdlinkrouter.local, pengguna tidak perlu pusing untuk menghafal IP address dari router, cukup dengan mengetikkan alamat tersebut pada browser agar bisa mengakses control panel.

Pada dashboard halaman Home juga terlihat apakah konfigurasi koneksi internet yang dilakukan sudah berhasil atau belum. Selain itu, di halaman yang sama juga terpampang informasi mengenai status dan alamat IP dari router. Begitu pun informasi konektivitas Wi-Fi yang sedang aktif.

Jika ingin melakukan lebih banyak lagi konfigurasi, terdapat menu Settings yang memiliki beberapa sub menu, seperti Wizard, Internet, Wireless dan Network. Melalui sub menu Internet, pengguna bisa memilih jalur internet apa yang digunakan oleh ISP.

Sementara pada sub menu Wireless, Anda bisa mengubah nama akses Wi-Fi (SSID) dan password baik untuk frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Tak cuma itu, akses Guest juga bisa dibuat pada sub menu Wireless. Ini cukup bermanfaat jika ada tamu yang sedang bermain ke rumah agar bisa terkoneksi dengan internet namun tidak mengganggu pengguna lainnya.

Beralih ke menu Advanced, ada beberapa konfigurasi lainnya seperti QoS Engine, Firewall, Port Forwarding, Website Filter, Static Route, dan Dynamic DNS. Walaupun konfigurasi ini lebih rumit dari sebelumnya, D-Link berhasil mengemasnya dengan tampilan yang mudah dimengerti.

Contohnya saja pada QoS Engine, sub menu ini berfungsi untuk mengatur prioritas akses internet dari masing-masing client yang terkoneksi. Caranya, pengguna tinggal melakukan drag and drop ke masing-masing kotak yang ada, apakah paling cepat (highest), cepat (high), atau menengah (medium).

Bagi yang ingin melakukan pembatasan akses terhadap beberapa website, pengguna hanya perlu mendaftarkannya pada sub menu Website Filter. Sementara untuk pembatasan akses berbagai aplikasi dan lain-lain, bisa dilakukan pada sub menu Firewall. 

Seperti router lainnya, D-Link DIR-842 juga dilengkapi dengan menu Management sehingga pengguna bisa mengatur konfigurasi manajemen router. Sub menunya terdiri dari Time & Schedule, System Log, System Admin, Upgrade, dan Statistics. 

Menariknya, pada menu Statistics, pengguna disajikan dengan informasi berbentuk grafis sehingga Anda tak perlu pusing memahaminya. Grafiknya sendiri berisi data tentang penggunaan trafik send dan received dari internet, LAN, Wi-Fi 2,4 GHz, dan Wi-Fi 5 GHz.


 


Previous Page : Desain
Next Page : Spesifikasi