Review D-Link DIR-842 Wireless AC1200: Performa Mumpuni untuk Konektivitas Rumahan

Tanggal : Senin, 01 Mei 2017 - 16:00 WIB
Penulis : Maulana
Editor : Desmal Andi

Page : Desain


Review D-Link DIR-842 Wireless AC1200: Performa Mumpuni untuk Konektivitas Rumahan

Layaknya router rumahan lainnya, D-Link DIR-842 Wireless AC1200 datang dengan bodi berwarna hitam polos. Agar terlihat lebih menarik, permukaan bagian atasnya sengaja dirancang dengan aksen yang bergaris-garis dan terpampang logo D-Link. Dengan total bobot 288 gram dan dimensi 190 x 133 x 38 mm, Anda tidak memerlukan ruang yang cukup besar untuk meletakkannya.

Sebagian besar, bodi yang membalut router ini memiliki lubang udara. Baik pada sisi atas, depan, samping, terlebih pada sisi bawah. Dengan ventilasi udara yang terbilang cukup banyak, panas yang dihasilkan ketika router bekerja bisa dikeluarkan dengan baik.

Agar bisa memancarkan sinyal Wi-Fi dengan optimal, router ini dibekali dengan empat buah antena eksternal. Dua di antaranya berada di sisi samping, sementara sisanya ada di sisi belakang. Masing-masing posisi dari antena tersebut bisa diputar sesuai dengan keinginan. Sayangnya, semuanya tidak dirancang secara modular sehingga Anda tidak bisa memodifikasi atau mengganti dengan antena eksternal lainnya.

Beralih ke sisi belakang, D-Link DIR-842 Wireless AC1200 dilengkapi dengan lima buah port RJ-45. Empat di antaranya difungsikan sebagai port LAN, sedangkan sisanya adalah port WAN yang khusus digunakan untuk mendapatkan koneksi internet.

Tepat di samping seluruh port RJ-45 tersebut, ada sebuah port power, tombol power, dan tombol WPS. Port power berfungsi untuk menghubungkan power adaptor dengan router. Jika sudah terhubung, Anda bisa menyalakan router ini dengan menekan tombol power. Sementara tombol WPS bermanfaat untuk mengoneksikan berbagai perangkat lain ke satu router yang sama tanpa harus mengetikkan password.

Selain dilengkapi dengan berbagai tombol tersebut, ada satu tombol lagi yang letaknya cukup tersembunyi. Ia adalah tombol reset. Jika tombol lainnya ada di bagian belakang router, tombol reset justu berada di bawah. Fungsinya sendiri adalah untuk mengembalikan kondisi router ke konfigurasi awal seperti saat pertama kali baru dibeli.


 


Previous Page : Kelengkapan
Next Page : Fitur