Review Seagate Firecuda 2TB: Kecepatannya Mendekati SSD

Tanggal : Rabu, 26 April 2017 - 12:00 WIB
Penulis : Desmal Andi

Page : Keunggulan dan Performa


Review Seagate Firecuda 2TB: Kecepatannya Mendekati SSD

Sekarang, apa yang membedakan Seagate Firecuda 2 TB dengan mechanical HDD lainnya? Padahal, jika dilihat secara langsung, baik ukuran maupun bentuk serta desain, sama seperti kebanyakan HDD yang ada saat ini. Ternyata, Seagate Firecude 2 TB menawarkan kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan HDD lain. Mengapa? Hal ini karena Seagate Firecude didesain sebagai Hybrid Hard Disk, memadukan teknologi mekanis pada cakram dengan teknologi yang ada di SSD, yaitu penggunaan flash memory sebagai "Flash Accelerated Drive".

Dengan kombinasi teknologi penyimpanan mekanis khas HDD 3,5 inci dengan Flash Accelerated Drive ini, tentunya hard disk memiliki kecepatan seperti performa SSD, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan SSD. Di beberapa toko online, jenis SSD berkapasitas 250 GB saja sudah berharga sekitar Rp 1,5 juta dan 500 GB sekitar Rp 2,5 juta. Sementara dengan harga sekitar RP 2 juta, Anda sudah bisa mendapatkan Seagate Firecude dengan teknologi hybrid dan menawarkan kecepatan mendekati SSD dengan kapasitas 2 TB. Menjadi solusi yang murah bukan untuk sebuah kinerja yang lebih baik di PC Anda?

Lalu,bagaimana hard disk ini bisa bekerja lebih cepat. Seagate telah mendesain sedemikian rupa sehingga di dalam cakram mekanis yang dapat berputar 7.200 RPM ini disematkan juga flash memory berkapasitas 8 GB. Flash memory ini berfungsi sebagai cache dalam hard disk.

Kapasitas flash memory ini memang tidak besar, hanya 8 GB. Namun, fungsinya sebagai cache tentu dapat mendorong kecepatan hard disk dalam memproses sebuah data. Jadi, saat beroperasi, hard disk akan mempelajari aplikasi mana saja yang sering digunakan di dalam PC. Aplikasi-aplikasi yang sering aktif inilah yang akan disimpan dalam cache berkapasitas 8 GB tersebut. Selanjutnya, jika hard disk menjalankan aplikasi baru, ia akan beralih dan menyimpannya dalam penyimpanan cakram mekanis 2 TB, bukan di flash memory. Akan tetapi, pada saat aplikasi ini sering Anda jalankan, hard disk akan memindahkannya ke flash memory.

Seagate sendiri menyebut teknologi penyimpanan tersebut dengan nama “OptiCache”, dimana aplikasi yang sering dioptimalkan pengguna akan disimpan dalam cache. Teknologi ini diyakini Seagate dapat meningkatkan kinerja hard disk hingga 45 persen dari teknologi mekanis biasa.

Performa

Untuk membuktikan keunggulan hard disk ini, Mobitekno menjalankan aplikasi HD Tune dan Crystal Disk Mark. Kami mengukur kinerja Seagate Firecuda 2 TB. Untuk membandingkannya, kami juga mengukur kinerja HDD yang masih menggunakan sistem mekanis.

Berikut ini hasil pengujiannya.

 

Sementara itu, hasil dari pengukuran HDD dengan sistem full mekanis sebagai berikut:


Previous Page : Kelengkapan dan Desain
Next Page : Kesimpulan