Review TP-Link TL-WA820RE: Perkuat Jangkauan Wi-Fi dengan Setting Mudah

Tanggal : Senin, 24 April 2017 - 11:30 WIB
Penulis : Desmal Andi

Page : Desain


Review TP-Link TL-WA820RE: Perkuat Jangkauan Wi-Fi dengan Setting Mudah

Saat boks kemasannya dibuka, terlihat unit Wi-Fi Range Extender TP-WA820RE berwarna putih dengan bentuk yang ringkas. Ukurannya seperti USB modem yang sempat banyak beredar beberapa tahun lalu. Modelnya mengadopsi desain clampshell sehingga dapat dibuka dan ditekuk untuk menyesuaikan dengan perangkat yang dihubungkannya.

Dimensinya memang cuku kecil, yaitu 89,41 mm (panjang) x 36,6 mm (lebar), dan 14,3 mm (tebal). Jika dibuka, terdapat lampu indikator yang dapat menginformasikan kondisi kekuatan jaringan di tempat perangkat ini berada.

Di bagian sisi kiri dan kanan terdapat barisan lubang kecil-kecil yang berfungsi untuk aliran udara panas dari dalam perangkat ini. Tombol WPS/reset ada di posisi yang sama, menyatu dengan kisi-kisi udara.  

Sementara itu, logo TP-Link berada di bagian atas sehingga mudah untuk dilihat. Karena bentuknya clampshell, maka perangkat ini bisa dibuka menjadi dua bagian. Hal ini berfungsi agar perangkat bisa menangkap signal Wi-Fi dengan lebih kuat karena posisi dua antena berada pada bagia yang fleksibel tersebut.

Dalam menggunakan perangkat ini, lihat lampu indikator yang menyala. Jika berwarna merah berarti perangkat cukup jauh dari Wi-Fi router sehingga sulit untuk mendapatkan signal Wi-Fi. Sementara jika berwarna biru, perangkat mengindikasikan sudah mendapatkan signal dengan baik sehingga dapat bekerja untuk menyebaarkan lagi signal Wi-Fi yang didapatnya.


Previous Page : Kelengkapan
Next Page : Fitur dan Performa