Norman Ganto - Co-Founder & Business Head off Zona WiFi App, DIGITIZED INDONESIA

Berbagi Akses Internet Itu Justru Lebih Menguntungkan

Tanggal : Senin, 03 Oktober 2016 - 09:00 WIB
Penulis : Karyo
Editor : Desmal Andi

Page : Meluaskan Jaringan Internet dengan Aplikasi


Berbagi Akses Internet Itu Justru Lebih Menguntungkan

“Internet itu hak mendasar kita, agar kita bisa mengakses informasi,” ujar Norman menjelaskan latar belakang dan dasar pembuatan aplikasi Zona WiFi Go, di Jakarta saat ditemui Mobitekno. Saat ini menurut Norman, akses internet dirasakan masih sangat kurang merata di Indonesia. Meski sudah banyak akses Wi-Fi dibeberapa kota, tetapi aksesnya masih terkendala dengan banyaknya Wi-Fi yang terkunci dengan password.

Padahal menurut Norman kalau alasan penggunaan password Wi-fi tersebut berkaitan dengan bandwidth, hal itu sebenarnya bisa disiasati dengan manajemen pembatasan akses untuk penggunaanya.  “Soal bandwidth itu sebenarnya sangat mudah sekali kita siasati, asal kita bisa mengaturnya,” ujar Norman menjelaskan.

Terlebih menurut aktivis ‘Indonesia Mengajar’ ini dengan di share nya akses Wi-Fi tersebut, para pemilik Wi-Fi justru akan mendapat beberapa keuntungan. Mereka bisa memperoleh data pelanggan dan calon pelanggan yang lebih akurat dan spesifik. Dengan data tersebut pemilik Wi-Fi bisa menyampaikan berbagai informasi dan promosi produknya secara langsung. Di samping itu pemilik Wi-Fi juga bisa mendapatkan tambahan uang pemasukan dari kerjasama iklan melalui Wi-Fi.

Itulah alasannya Norman akhirnya membuat sebuah aplikasi berbagi akses Wi-Fi yang dinamakan Zona Wifi Go. Aplikasi yang baru diluncurkan awal September 2016 ini penggunanya terus meningkat. Dua minggu pertama setelah peluncuran, penggunanya mencapai 2400. Hal itu menjadi kebanggaan sendiri bagi Norman. “Saya senang sekali hanya 2 minggu setelah peluncuran penggunanya sudah mencapai 2.400 orang, ini sangat bagus sekali untuk sebuah aplikasi,” ujar Norman bangga.

Zona WiFi Go, yang  merupakan aplikasi ke-2 Norman yang telah diciptakannya setelah aplikasi bidang pendidikan pada tahun 2014 lalu ini, merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh para pengguna Wi-fi di berbagai tempat. Dengan aplikasi ini pengguna dapat berbagi akses password kepada calon pengguna lainnya.

Pembuatan aplikasi tersebut dilatar-belakangi atas rasa keprihatinan Norman bagaimana sulitnya pemerintah berusaha menyediakan akses internet kepada semua penduduk Indonesia yang tersebar di berbagai pulau. Oleh karena itu, Norman bahu-membahu bersama pemerintah dan badan lainnya untuk memberikan pemerataan akses internet. 

Beruntung Norman akhirnya bertemu dengan pihak yang mau mendukung ide dan gagasannya untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan banyak orang. Menurut Norman, percuma saja kita mempunyai banyak aplikasi yang kita ciptakan saat ini, kalau akses internetnya minim dan tidak merata. Aplikasi Zona Wifi go ini akhirnya mendapat dukungan dari pihak DIGITIZED Indonesia, perusahaan yang memiliki aplikasi Zona Wifi, sebuah aplikasi periklanan yang memanfaatkan jaringan Wi-Fi.

“Digitized Indonesia ini adalah perusahaan yang pure oleh dan milik orang Indonesia,” ujar Norman menjelaskan pihak yang mendukung aplikasinya. Zona Wifi sendiri menurut Norman merupakan inovasi baru dalam bidang periklanan lewat jaringan Wi-Fi. Jika kebanyakan orang memasang iklan lewat Facebook atau media sosial lainnya, Zona Wifi dapat menayangkan iklan melalui akses jaringan Wi-Fi.

Sementara itu menurut Norman, aplikasi Zona Wifi Go sendiri  sama sekali tidak merugikan bagi siapapun, termasuk bagi pemilik Wi-Fi yang ber-password sekalipun. Justru menurut Norman bisa menguntungkan semua pihak. Bagi masyarakat pengguna, mereka bisa mendapatkan akses internet secara gratis. Sementara bagi pemilik Wi-Fi, mereka akan semakin banyak memperoleh data pengunjung dan calon pengunjung potensial yang dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau pembeli. 

Sistem yang ada di aplikasi ini memang sepintas merugikan para pemilik Wi-Fi, karena akses dan password dibagikan atau di share ke oring lain. Namun sejatinya sama sekali tidak merugikan siapapun. Jadi, menurut sarjana Sistem Informatika jebolan salah satu Perguruan Tinggi di Amerika dan Inggris ini, penggunaan Zona Wifi Go sama sekali tidak merugikan siapapun, bahkan menguntungkan semua pihak.

Saat ini pengguna aplikasi ciptaannya sudah semakin banyak. Menurut pria yang pernah mengenyam pendidikan ala militer semasa  SMP dan SMA di Amerika tersebut, diharapakan pada akhir tahun 2016 pengguna aplikasinya bisa mencapai 200.000 orang. “ Untuk target 2017 diharapkan bisa mencapai 1-2 juta pengguna,” ujar Norman optimis.

Lantas bagaimana aplikasi ini dari segi nilai bisnisnya? Menurut Norman, aplikasi memiliki fokus utama untuk bisa berbagi akses internet dengan men-share password Wi-Fi yang ada saat ini, sehingga pemerataan akses internet bisa lebih dirasakan oleh masyarakat. “Saat ini masih belum terpikirkan bagaimana model bisnisnya, nanti tentu akan terbentuk sendiri setelah penggunanya sudah banyak,” ujar Norman mengakhiri obrolannnya dengan Mobitekno.   


Previous Page : Latar Belekang Berdirinya Zona WiFi